Penandatanganan MoU backtoBALI.id
dengan HFLA Bali Chapter

Bertempat di Quest Hotel, Denpasar, Ibu Silvia Ratna Ariani sebagai penanggung jawab utama program backtoBALI.id menandatangani nota kesepahaman dengan Indonesia Hotel Front Liner Association (HFLA) Bali Chapter yang diwakili oleh Ketua HFLA Bali Bapak Gede Windu Saputra.

HFLA Bali Chapter sendiri mengenal program backtoBALI.id setelah beberapa pengurus baru hadir pada acara workshop yang diselenggarakan backtoBALI.id pada tanggal 27 Januari 2022.

Prosesi penandatanganan nota kesepahaman ini dilaksanakan dalam rangkaian acara pengukuhan pengurus baru HFLA Bali dimana hadir pula Direktur Eksekutif PHRi Bapak Ida Bagus Purwa Sidemen dan Kepala Dinas Pariwisata Bali yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan dan SDM Ibu AA Istri Vera Laksmi Dewi.


Tujuan ditandatanganinya MoU ini adalah untuk menjadi payung sekaligus acuan dalam merencanakan program-program bersama yang berkaitan dengan penggunaan platform backtoBALI.id oleh para anggota HFLA Bali.

Untuk diketahui, sesuai namanya, HFLA merupakan organisasi profesi yang beranggotakan para profesional pada industri pariwisata khususnya hotel yang berdiri paling depan berhadapan dengan customer. Mereka inilah yang dalam istilah bisnis sering disebut sebagai “the face and the voice” dari hotel tempatnya bekerja.

Sayangnya saat industri pariwisata terpuruk akibat pandemi, bahkan mereka dengan posisi yang demikian penting itupun tidak luput dari efek buruknya. Sama dengan karyawan-karyawan hotel lain yang bertugas di divisi lain. Sema dengan pekerja-pekerja pariwisata yang sedianya bekerja di sektor-sektor lain.

Bagaimana backtoBALI.id bisa membantu para anggota HFLA dan hotel tempat mereka bekerja merupakan sesuatu yang perlu diformulasikan dalam diskusi-diskusi lanjutan antara backtoBALI.id dan HFLA setelah penandatanganan MoU ini.